LAKUKAN SESUATU UNTUK PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK

BERTEMAN DENGAN MASALAH


Hari ini malas betul kurasakan untuk beraktifitas, pikiranku selalu khawatir, masalah kecilpun rasanya tidak dapat kuselesaikan, apalagi masalah besar. Satu masalahpun rasanya sulit kuselesaikan apalagi ribuan masalah. Padahal saat ini aku merasa masalahku sangat banyak, baik yang kecil maupun yang besar. Ditambah lagi keadaan tubuhku yang begitu lesu. Wah sangat ironis sebenarnya. Karena pada saat ini yang kubutuhkan tubuh yang sehat dan pikiran yang cemerlang.
Tapi ada sedikit tersisa keyakinan bahwa aku harus melakukan sesuatu. Apapun itu yang jelas pikiranku harus bekerja. Tubuhku harus bergerak. Harus ada usaha untuk menyelesaikan masalahku. Apapun hasilnya aku tidak peduli. Gagalpun aku sudah siap menerimanya. Apalagi kalau berhasil, memang itu yang kuharapkan.
Kapan masalahku akan selesai, kadang dalam hati aku berpikir coba aku tidak punya masalah, maka semuanya akan baik-baik saja. Tapi aku punya keyakinan semasih kita hidup, semasih kita bernafas kita akan selalu berteman dengan masalah. Jadi yang terpenting dalam hidup ini adalah bagaimana kita berteman dengan masalah, bagaimana kita mencari solusi, sehingga masalah yang pasti akan langgeng berdampingan dengan kita terasa tidak memberatkan kita, tetapi merupakan tantangan bagi kita untuk menyelesaikannya sehingga hidup terasa ringan.