LAKUKAN SESUATU UNTUK PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK


Perkenalanku dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah secara tidak sengaja dimulai ketika aku menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember. Pada waktu itu ada Ospek di kampus ku. Pada waktu itu aktifis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah mengadakan bazar di sekitar lokasi Ospek. Ospek dikampusku dikenal dengan nama program pengenalan studi pendidikan (PPSP). Rasa ingin tahu akan gerakan Mahasiswa membuat ku memberanikan diri bertanya pada aktifis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah tersebut. Mulai dari apa sih sebenarnya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah tersebut, sampai prestasi apa yang sudah dilakukan oleh organisasi ini.

Sangat minim kudapatkan informasi tentang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dari seniorku tersebut. Karena aku melihat seniorku itu mencoba memaksakan beberapa jawaban yang tidak meyakinkan. Aku mulai bertanya dalam hati, apa sebenarnya yang terjadi dengan ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ini. Aktifisnya saja tidak tahu tentang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, apalagi orang lain, begitu kata hatiku. Aku lebih tertarik meliahat-lihat buku di bazaar daripada ikut bargabung dengan ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, begitu pikiranku saat itu. Satu yang menarik bagiku pada saat itu, aku diajak Darul Arqom Dasar, dengan biaya gratis, disediakan konsumsi atau makan gratis. Aku sangat tertarik, maklum aku berasal dari keluarga yang kurang mampu, lebih-lebih lagi pada saat itu orang tua ku di Aceh mengungsi akibat konflik yang terjadi disana.

Disinilah para pemateri, yang dikemudian hari aku tahu, bahwa mereka mantan aktifis IMM, memberikan motivasi, wawasan, pengetahuan ideology tentang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Acara tersebut terasa sangat membosankan bagiku. Sehingga untuk menghibur diri dan menghibur teman-teman aku berusaha melontarkan guyonan. Sehingga suasana menjadi hidup. Sehingga diakhir acara aku terpilih menjadi peserta terlucu. Wah, campur senang, campur marah, tak karuan rasa dihatiku waktu itu ketika aku diberi gelar sebagai peserta terlucu.

Ada satu hal yang aku rasakan dalam hatiku pada saat itu, rasa ingin tahuku tentang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah bertambah besar. Wajar, karena mulai kecil, rasa ingin tahu ku terhadap hal-hal yang baru selalu besar. Sehingga selesai acara tersebut satu hal ku patrikan dalam hatiku bahwa aku harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang IMM, aku harus banyak bertanya, banyak membaca buku, banyak membaca artikel-artikel, serta jalan satu-satunya aku harus bergaul dengan aktifis organisasi ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s