LAKUKAN SESUATU UNTUK PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK


PERJALANAN DARI BUNTUL KEMUMU KE JEMBER
Buntul kemumu merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan permata kabupaten bener meriah provinsi Aceh. Dulu bukan buntul kemumu bukan desa tetapi dusun atau di jawa disebut padukuhan. Merupakan bagian dari desa gelampang wih tenang uken. Tetapi pada perkembangannya dusun ini lebih maju dari induknya desa gelampang wih tenang uken. Sehingga kemudian buntul dimekarkan menjadi desa. Bahkan pada perkembangannya menjadi ibukota dari kecamatan permata.

Keluarga saya tinggal di buntul kemumu mulai tahun1986. Waktu itu saya masih berumur enam tahun. Adikku yang urutan ke 5 dan ke enam yang bernama Pera Gunawan dan Linda Sara lahir di desa ini. Ini berarti hamper setengah dari usia saya dihabiskan di desa ini. Banyak kenangan indah saya alami disiini, terutama masa kecil saya yang selalu riang gembira, dan bermain permainan tradisional, seperti layangan, gangsing, ketapel dan lain-lain, maklum pada waktu itu belum ada permainan yang modern seperti video game dan lain sebagainya.

Pada tahun 2000 saya bersama rekan saya yang juga masih ada hubungan keluarga yaitu Sabirin Amin dan Salman berangkat kepulau jawa, tepatnya ke Jember, yaitu sebuah kabupaten yang terletak di provinsi jawa timur. Mereka berdua saya panggil dengan sebutan Abang, walaupun umur kami sama tetapi dalam silsilah keluarga, keluarga yang paling bungsu. Kemudian kami bertiga mendaftar kuliah di Universitas Muhammadiyah Jember. Aku mendaftar di Fakultas Teknik jurusan teknik sipil bersama Bang birin, begitu dia selalu ku panggil sampai sekarann g, dan bang Salman di Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan jurusan bahasa inggris. Pada perjalanannya Bang Birin juga pindah kejurusan yang sama dengan Bang Salman, sementara saya bertahan di jurusan teknik sipil.
Aku lulus pada tahun 2004, dengan IP 3,08. Temanku yang diwisuda waktu itu sebanyak 13 orang dari 55 orang. Aku sangat bersyukur karena bisa lulu tepat waktu. Maklum karena orang tua ku tergolong kurang mampu secara financial. Dan pada waktu itu saya ingit betul, rata-rata rekan kami yang diwisuda adalah kakak kelas, yang satu atau dua bahkan tiga tingkat lebih tinggi dari kami. Sehinnga saya pribadi menganggap apa yang saya capai adalah prestasi tersendiri bagi saya.

Pertama kali saya ke jember, kesan yang muncul adalah kota ini sangat aman, dan harga barang sangat murah, maklum tempat dimana saya berasal adalah tempat yang sedang bergejolak dengan konflik. Kesan ini ternyata bukan sekedar kesan, akan tetapi terbukti selama sebelas tahun saya di jember kota ini memang sangat aman. Ketika gonjang-ganjing Negara pada masa pemerintahan Gus Dur dan megawati, dimana disebagian tempat bergejolak, termasuk di tetangga kabupaten, bondowoso, lumajang misalnya, tetapi di kota jember tetap aman.

Jember merupakan daerah yang sangat unik. Unik karena hamper semua tanaman bisa tumbuh disini. Baik tumbuhan yang cocok untuk daerha panas maupun tumbuhan untuk daerah dingin. Tumbuhan utama untuk daerah jember adalah tembakau. Selain tumbuhan yang lain, seperti, kopi, karet dan lain sebagainya. Secara pribadi saya sangat cocok dengan iklim daerah jember karena tidak terlalu dingin bila dibandingkan dengan daerah saya berasal, dan tidak terlalu panas bila dibandingkan dengan daerah panas seperti Surabaya, Jogjakarta, semarang, Jakarta, medan dan banda aceh.

Secara umum jember merupakan kota terbesar ketiga di jawa timur setelah, Surabaya, malang. Dari sisi pendidikan juga demikian. Mungkin di urutan pertama adalah kota malang, disusul Surabaya dan jember berada di urutan ke tiga. Banyak perguruan tinggi favorit yang ada disini baik negeri maupun swasta. Mulai dari Universitas Jember (UNEJ), Universitas Muhammadiyah Jember (UNMUH Jember), Politeknik negeri Jember, Sekolah tinggi Agama Islam Negeri Jember (STAIN Jember) di Mohammad Soerodji (MOSER), STIE Jember, Universitas Islam Jember (UIJ) AKBID Jember dan banyak lagi perguruan tinggi yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s